Kamis, 12 Juni 2008

"NBA akan Sambangi Indonesia"


Surabaya - National Basketball Association alias NBA, segera punya even resmi di Indonesia. Untuk itu, liga asal Amerika Serikat tersebut berkolaborasi dengan DetEksi Basketball League (DBL), liga pelajar terbesar di Indonesia yang diselenggarakan oleh Jawa Pos Group.

Kerja sama itu bersifat multiyear (jangka panjang). Tujuannya membantu pengembangan popularitas basket dan kemampuan para pemain di Indonesia. Mulai Agustus tahun ini, NBA akan mengirimkan pemainnya ke Surabaya, pusat DBL.

Pemain itu akan menyaksikan final DBL Jawa Timur pada Sabtu, 23 Agustus nanti. Bertempat DBL Arena gedung basket baru di kawasan Ahmad Yani, Surabaya, sang pemain akan memberikan semangat kepada para finalis dan menyapa para penggemar.

Sehari kemudian, pemain itu tampil lagi dalam NBA Basketball Clinic. Memberikan materi latihan dan pengalaman hidup kepada tim-tim juara DBL dari sebelas kota di Indonesia. Klinik itu merupakan even resmi pertama NBA di Indonesia.

Pada pertengahan 2009, kerja sama bakal ditingkatkan. NBA dan DBL berkolaborasi untuk menyelenggarakan Indonesia Development Camp yang pertama, juga di DBL Arena Surabaya. Camp berlangsung lebih dari sehari, memberikan materi yang jauh lebih komplet.

Bukan sekadar mengirimkan pemain, NBA juga mengirimkan dua asisten pelatihnya ke Surabaya. Mereka akan menjadi instruktur untuk para pemain dan pelatih yang dipilih berdasar performa di DBL.



Dalam Indonesia Development Camp itu, para pemain dan pelatih mendapatkan pelatihan formal. Setiap hari juga diselenggarakan pertandingan supaya para peserta bisa mengaplikasikan pelajaran yang baru saja mereka dapatkan.

Pada hari terakhir camp, 20 terbaik bakal turun dalam Indonesia Development Camp All-Star Game. Setelah itu, juga akan dipilih seorang MVP (most valuable player alias pemain terbaik).

Untuk nama pemain, NBA dan DBL segera mengumumkannya dalam waktu dekat ini. Heidi Ueberroth, NBA president, global marketing partnerships and international business, menegaskan bahwa kerja sama itu merupakan yang pertama di Indonesia.

"Kami tak sabar memulai kolaborasi bersama DBL, menyelenggarakan even pertama kami di Indonesia. Ini bakal menjadi program luar biasa untuk membantu pengembangan basket dan kualitas permainan di Indonesia," kata Ueberroth dalam rilis yang diterima detiksport.

Commissioner DBL Azrul Ananda menyatakan bangga bisa berkolaborasi dengan liga paling bergengsi di dunia. Kami merasa terhormat dan senang bisa menjalin kerja sama multiyear untuk mengembangkan basket di Indonesia ini," ujar Azrul.

Tidak ada komentar: