Rabu, 18 Juni 2008

"BOSTON CELTIC" juara...


Boston - Penantian 22 tahun Boston Celtics untuk kembali menjuarai NBA berakhir sudah. Di game keenam babak final, Celtics memetik kemenangan besar 131-92 untuk memastikan titel juara dengan skor 4-2.

Inilah gelar ke-17 yang diraih Celtics sepanjang sejarah klub tersebut, keberhasilan tersebut juga menjadi yang pertama sejak terakhir mereka jadi kampiun di tahun 1986. Torehan lain yang dicatatkan Celtics adalah marjin kemenangan terbesar di laga penentu juara, di TD Banknorth Garden, Rabu (18/6/2008) tuan rumah unggul 39 angka atas LA Lakers.

Kemenangan ini membuat Cletics secara keseluruhan unggul 4-2 setelah meraih kemenangan di game pertama, kedua, keempat dan keenam. Sementara dua kemenangan Lakers di game tiga dan lima didapat di kandang sendiri.

Menjalani pertadingan di tengah teriakan "Beat L.A." yang membahana, Celtic memulai pertandingan dengan meyakinkan. Meski mendapat perlahanan yang cukup sengit tuan rumah menyudahi kuarter pertama dengan kedudukan 24-20.

Barulah di kuater dua Celtics mulai menunjukkan superioritasnya setelah berhasil mengumpulkan 35 angka dan hanya memberi Lakers 15 poin. Keunggulan yang membuat posisi Celtics makin aman dengan kedudukan di paruh pertama pertandingan berada di posisi 35-58.


Penampilan Paul Pierce, Kevin Garnett dan Ray Allen di dua kuarter akhir pertandingan semakin mengukuhkan dominasi tuan rumah. Setelah menyudahi kuarter tiga dengan 60-89, Celtics akhirnya menutup pertandingan dengan skor telak 131-92.

Adalah Garnet yang menjadi bintang kemenangan Celtics dalam laga tersebut setelah menyumbang 26 poin, 14 rebound dan empat assist. Pemain tuan rumah lain yang juga tak kalah gemilang adalah Ray Allen yang juga membukukan 26 poin, empat rebound dan dua assist.

"Jelas sekali kalau mereka adalah tim dengan pertahanan terbaik di seluruh pertandingan playoff. Tujuannya adalah memenangi kejuaraan, bukan untuk memenangi MVP atau sesuatu seperti itu, untuk menjadi juara," sesal Kobe Bryant yang dalam laga tersebebut "cuma" membukukan 22 poin tiga rebound dan satu assist.

Sumber : detikSport.com

Tidak ada komentar: